Sabtu, 06 Oktober 2012

Manajemen , Organisasi dan Tata Kerja




Sedangkan antara manajemen, organisasi dan tata kerja punya hubungan timbal balik antara masing-masing.  Eratnya hubungan ke tiga struktur tersebut adalah sebagai berikut:

û  Manajemen    : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia ataupun kelompok.
û  Organisasi      : alat bagi tercapainya tujuan tersebut dan  alat bagi pengelompokkan kerja sama.
û  Tata Kerja      : pola orang-orang bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut  harus di lakukan sebagai tercapainya tujuan secara efisien dan tepat baik secara waktu, tenaga maupun sumber daya.

Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.

2. Fungsi Satuan Organisasi Dan Metode.

Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Ciri-ciri organisasi ialah:
1) terdiri daripada dua orang atau lebih
2) ada kerjasama
3) ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain
4) ada tujuan yang ingin dicapai.
Organisasi dapat dilihat dengan dua cara berbeda, yaitu:

1) organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan ke lingkungan kembali.
2) organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. Thayeb).

1)     Organisasi dapat diartikan dalam dua macam, yaitu:
Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan.
2)     Dalam arti dinamis, yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.

Sinonim Organisasi

Institusi/lembaga:
Kelompok yang menampung aspirasi masyarakat; punya aturan tertulis atau tidak; tumbuh dalam masyarakat; mencapai tujuan bersama; dibentuk oleh pemerintah atau swasta.
Suatu organisasi harus memuat 4 unsur utama, yaitu:

1) goals oriented (berorientasi tujuan)
2) Psychosocial system (sistem hubungan sosial)
3) structured activities
4) technological system.
Perbedaan Organisasi :
1)     Structure ; staff, line, matriks
2)     Strategy ; Growth Strategy, Diversification, Defensive, Minimizing Internal Problem
3)     Style ; Autocratic Style, Participative Style, Free Rein Style
4)     Skill : Keahlian / Keterampilan
5)     Staff ; Jenjang, Latar Belakang, Karakteristik
6)     Share Value : Superordinate Goals
7)     System : POAC
Pendekatan Terhadap Organisasi :
1.      Pendekatan Klasik
2.      Pendekatan Neo-Klasik
3.      Pendekatan Modern

Tidak ada komentar:

Posting Komentar